Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) MTK Tingkat SD/MI

Posted on
Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) MTK
Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) MTK

Sahabat nyumplik.com sudah menjadi agenda tahunan setiap semester 2 pasti akan diadakan beberapa lomba baik OSN, O2SN atau FLSN. Untuk itu kami akan membagikan Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) MTK Tingkat SD/MI. Pengertian OSN atau Olimpiade Sains Nasional merupakan sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, sampai tingkat SMA di Indonesia. Siswa yang bisa mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi yang biasanya dimulai dari tingkat sekolah, gugus, kecamatan, kabupaten dan provinsi oleh karena itu siswa-siswa terbaik lah yang mewakili dari provinsinya masing-masing.

Hmmmm, setelah browsing sana sini baru ngeh dan kepikiran neh emaknya. Wong soalnya susah susah, dia harus bisa memahami dan mengerti pelajaran dari kelas 4 sampai kelas 6, apalagi kalau sudah di tingkat nasional, pelajarannya bisa sampai kelas I SMP. Okelah kelas 4, kelas lima saja masih setengah semester, trus kelas enam. Apalagi waktunya sempit banget untuk mempersiapkan. Tingkat kecamatan 10 hari doang, kemudian tingkat kabupaten juga sama. Belum lagi belajar untuk tugas sekolahnya. Bisa nggak ya Key lolos semua seleksi? Sambil bathin Ya Allah, mudahkanlah jalan anakku.

Untuk jenjang OSN tingkat SD/MI sendiri siswa yang diperbolehkan mengikuti OSN adalah siswa yang duduk di kelas 4 dan 5. Untuk tingkatan soal OSN mencakup materi dari kelas 4 sampai 6, maka dari pada itu siswa yang inggin mengikuti lomba OSN harus menguasai materi pelajaran uang dikikuti dari kelas 4 sampai kelas 6. Lantas apa sih yang didapat anak dalam mengikuti OSN ?

Nah sebenarnya banyak sekali manfaat yang diperoleh siswa, guru dan sekolah bila mengikuti OSN apabila sampai menembus tingkat Provinsi bahkan Nasional diantaranya :

  1. anak bisa belajar berkompetisi, bukan hanya dengan teman-temannya disekolah tetapi dengan sekolah lain yang bisa membuka pemikiran anak.
  2. Tentunya hal yang diharapakan adalah memotivasi anak supaya rajin belajar dan menggali rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan yang disukainya misalnya sains. Siswa bisa belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja karena biasanya cakupan soal OSN sangat luas.
  3. Siswa dan guru bisa belajar memahami arti menang dan kalah. Bila menang harus tetap membumi dan syukur, sejatinya diatas langit masih ada langit karena kompetensi akan semakin sulit, percuma juga sombong.Kalahpun nggak boleh patah arang anggap sebagai bahan pembelajran dan motivasi.

Nah itu merupakan beberapa fungsi mengikuti OSN, untuk itu sebagai bahan pembelajaran siswa siswi anda di sekolaha tau di rumah yang inggin mengikuti lomba OSN disini kami telah menyediakan Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) MTK Tingkat SD/MI yang bisa anda dapatkan dengan cara mendownload pada link yang telah kami sediakan dibawah.

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2003 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2004 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2005 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2006 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2007 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2008 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2009 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2010 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2011 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2012 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2013 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2014 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2015 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2016 (Klik Disini)

Kupulan Soal OSN MTK Tahun 2017 (Klik Disini)

Download juga administrasi SD/MI Lainya

Buku Guru dan Buku Siswa Lengkap Kelas 1,2,3,4,5,6 K13 Revisi 2018 (Klik Disini)

RPP Lengkap Kelas 1,2,3,4,5,6 K13 Revisi 2018 (Klik Disini)

Rport K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 (Klik Disini)

Kisi-Kisi Soal Kelas 1,2,3,4,5,6 (Klik Disini)

Bank Soal Kelas 1,2,3,4,5,6 (Klik Disini)

Demikianlah Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) MTK Tingkat SD/MI yang bisa kami berikan semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Terimakasih.

(Visited 7,055 times, 1 visits today)