Mengenal Apa Itu ODP, PDP dan Suspect Virus Corona

Posted on

Mengenal Apa Itu ODP, PDP dan Suspect Virus Corona. Di tengah semakin meluasnya pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, banyak orang yang masih awam dengan beberapa istilah yang diberitakan oleh Pemerintah terkait Virus Corona. Beberapa istilah yang masih awam dan jarang dimengerti oleh masyarakat adalah istilah ODP, PDP dan suspek Covid-19.

Dari itu pada postingan artikel kali ini kami akan membahas ke tiga istilah itu. Berikut pembahasanya :

ODP Covid-19

ODP Covid-19
ODP Covid-19

ODP Covid-19 atau Orang Dalam Pemantauan merupakan istilah yang ditujukan bagi masyarakat yang memiliki kriteria : pernah tinggal di tempat yang diketahui suspec Covid-19. Selain itu ODP Virus Corona juga ditujukan bagi orang yang pernah kontak secara langsung dengan penderita Covid-19.

Pada pengalamnya orang – orang yang masuk dalam kelompok ODP belum begitu menunjukan sakit akibat Covid-19. Namun jika anda pernah berkunjung ke daerah seperti diatas jangan dianggap sepele karena beberapa kasus terbaru dari Virus Corona / Covid-19 terkadang tidak memiliki gejala atau ciri – ciri tersebt diatas.

Dapat disimpulkan bahwa ODP itu adalah : orang yang pernah keluar negeri di negara yang terinfeksi Covid-19, orang yang pernah contak lang dengan penderita Corona Virus dan belum mengalami demam serta gannguan pernafasan.

PDP Covid-19

PDP Covid-19
PDP Covid-19

PDP Covid-19 atau Pasien dalam Pengawasan adalah masyarakat atau orang yang memiliki gejala atau ciri – ciri Virus Corona Secara umum seperti : panas dan gangguan pernapasan. Untuk gangguan pernafasan berfariasi tergantung imun tubuhnya. Jika imun tubuhnya cukup kuat gangguan pernafasannya bisa ringan dan sebaliknya. Kemudian orang itu pernah kontak secara langsung dengan penderita Corona Virus atau pernah berkunjung kedaerah yang terdampak Covid-19.

Status PDP Covid-19 lebih disarankan untuk tidak keluar rumah minimal 14 hari. Selain itu jika memang keadaan darurat yang harus keluar rumah, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) wajib menjaga jarak aman dengan lingkungan masyarakat laiinya. Jarak aman yang ditentukan oleh WHO untuk saat ini bukan lagi 1,5 meter melaiinkan 4,5 meter. Penjagaan jarak ini tentunya dimaksudkan untuk menekan penyebaran Virus Corona agar tidak terus berkembang.

Dapat disimpulkan bahwa PDP Covid-19 adalah orang yang pernah kontak langsung dengan penderita Corona Virus, pernah berkunjung ke tempat yang terpapar Virus Corona, memiliki gangguna pernafasan baik ringan atau berat dan mengalami demam dan panas tinggi.

Suspect Covid-19

Suspect Covid-19
Suspect Covid-19

Untuk kriteria Suspect Covid-19 merupakan hal yang paling ditakuti baik oleh tenaga medis atau masyarakat. Status Suspect Corona Virus merupakan istilah yang diberikan kepada pasien yang diduga kuat terinfekvi Covid-19. Ciri untuk pasien suspect Corona Virus ditandai dengan riwayat pernah kontak langsung dengan penderita Covid-19, pernah berkujung atau tinggal di daerah terjangkit virus Corona dan memiliki gangguan pernafasan seperti Pasien PDP.

Baca juga :

Perbedaan PDP dengan Suspect Covid-19 adalah intensitas gangguan pernafasan yang lebih intensif dan memerlukan perawatan lebih lanjut. Untuk menentukan penderita suspect Corona positif atau tidak akan dilakukan dua metode pemeriksaan yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing.

Demikian tadi ODP, PDP dan Suspect Virus Corona yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat. Mari lawan Corona Virus dengan terus berdoa, jaga kebersihan dan #DIRUMAHAJA.

(Visited 25 times, 1 visits today)